BIOLOGI VIRUS - LKS (Lembar Kerja Siswa)

L K S  (Lembar Kerja Siswa)
“V I R U S”


Mata Pelajaran : BIOLOGI
Waktu           : 2x45 menit
Kelas/Semester : X/I

A. Kompetensi Dasar
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan cirri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.

B. Indikator : 
a) Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
b) Menentukan struktur tubuh virus berdasarkan gambar.
c) Menjelaskan tahapan-tahapan replikasi virus.
d) Menjelaskan peranan virus dalam kehidupan.
e) Menyebutkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.
f) Menyebutkan cara penularan dan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus.

C. Tujuan Pembelajaran :
a) Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri virus berdasarkan buku panduan.
b) Siswa mampu menentukan stuktur tubuh virus berdasarkan gambar.
c) Siswa mampu menjelaskan tahapan-tahapan replikasi virus berdasarkan gambar.
d) Siswa mampu menjelaskan peranan virus dalam kehidupan sesuai dengan literatur.
e) Siswa mampu menyebutkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus sesuai dengan literatur.
f) Siswa mampu menyebutkan cara penularan dan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus sesuai dengan literatur.


A. PENDAHULUAN

           Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali manusia terkena virus influenza. Anda pasti pernah merasakan tiba-tiba tubuh terasa sakit karena serangan virus, misalnya sakit flu. Anda juga sering mendengar virus polio, H5N1, flu babi, demam berdarah, HIV dan masih banyak penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus. Bahkan di tahun 2017 ini semarak sekali virus HIV yang mematikan manusia. Banyak korban jiwa yang disebabkan oleh penyakit ini terutama pada kaum perempuan. Anda tentu penasaran apa sebenarnya virus itu. Bagaimana pula cara virus itu bisa menyebabkan penyakit? Anda akan menemukan jawabannya setelah mempelajari materi mengenai virus tersebut.

B. RANGKUMAN MATERI

     Virus pertama kali ditemukan oleh Dmitri Ivanovski, seorang ahli biologi dari Rusia yang pada 1892 mempelajari penyakit pada tembakau yang menyebabkan daun tembakau bercak kuning. Hasil penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh M. Beijerinck, seorang ilmuan Belanda. Kedua ilmuan tersebut menduga bahwa penyebab penyakit mozaik pada tembakau tersebut adalah bakteri pathogen yang sangat kecil serta mampu berkembang biak secara cepat.
Dugaan kedua ilmuan tersebut ternyata keliru. W. M. Stanley (1935) seorang ilmuan Amerika berhasil mengkristalkan penyebab penyakit mozaik daun tembakau tersebut, maka ia menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mozaik tersebut bukanlah bakteri, sebab dapat dikristalkan maka berarti ia bukan sel dan ketika diinjeksi pada tanaman sehat dapat mengganda menyebabkan penyakit. Virus dianggap sebagai peralihan antara benda abiotik dan biotik. Ilmu tentang virus disebut virologi. 
Ciri-ciri virus antara lain berukuran antara 20-300 milimikron (jauh lebih kecil dari bakteri), hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron, tubuhnya tersusun atas selubung protein dan bahan inti yang berupa asam nukleat, hanya dapat hidup dan berkembang biak dalam sel makhluk hidup yang cocok, tidak memiliki sitoplasma dan organel sel sehingga tidak dapat melakukan metabolisme; bersifat parasit obligat; tidak peka terhadap antibiotika, tidak dapat membelah diri sehingga replikasi virus menggunakan asam inti melalui suatu biosintesis yang kompleks, dapat mengalami mutasi secara tiba-tiba maupun perlahan oleh suatu sebab yang tidak diketahui, dan dapat mengkristal, merupakan sifat benda mati yang tidak dapat dilakukan oleh makhluk hidup lain. Struktur virus beranekaragam. Pada virus yang memiliki struktur tertentu dijumpai bagian yang disebut “kepala”, “leher”, dan “ekor”. Pada ujung ekor terdapat serbuk yang menyerupai kaki laba-laba. Di bagian kepala terdapat DNA atau RNA.
Bentuk virus bervariasi ada yang bulat seperti bola, batang, dan persegi banyak (polyhedral) atau berbentuk huruf T. Reproduksi virus disebut dengan replikasi. Virus hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup karena di luar sel hidup virus tidak aktif. Virus memanfaatkan kemampuan metabolisme sel inang untuk memperbanyak diri. Sifat infeksi virus tergantung pada jenis virus dan kondisi lingkungan, dibedakan menjadi daur litik dan daur lisogenik.


Peranan virus bagi makhluk hidup memang kebanyakan merugikan, akan tetapi ada pula virus yang menguntungkan dalam kehidupan makhluk hidup (manusia) seperti pada bidang farmasi untuk memproduksi interferon, bidang kedokteran dan bidang genetika. Sedangkan virus yang merugikan karena menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Contonya seperti virus trakom penyebab penyakit mata, HIV (Human Imuno Deficiency Virus) penyebab AIDS, virus rabies menyebabkan penyakit anjing gila, virus tetelo menyebabkan penyakit tetelo pada ayam, RSV (Rous Sarcoma Virus) menyebabkan kanker pada ayam, dan virus TMV (Tabacco Mozaik Virus) penyebab penyakit mozaik pada daun tembakau. 
Penularan virus pada manusia dapat terjadi karena adanya kontak fisik (langsung), transfusi darah, karena gigitan serangga dan/ atau mamalia (misanya tikus, kucing, anjing), melaui media udara (seperti pada influenza. SARS). penularan virus pada hewan dapat terjadi karena adanya kontak fisik langsung (gigitan) antara hewan vector virus dengan hewan sehat, dan penularan virus pada tanman terjadi secara horizontal melalui angin, gigitan serangga atau karena proses pembiakan vegetative seperti okulasi atau enten.



Bacalah rangkuman materi di atas dan jawablah pertanyaan berikut!

1. Virus dapat dikristalkan, ini merupakan sifat virus sebagai …
2. Bila virus berada di dalam sel hidup, virus menunjukkan kemampuan …
3. Sifat virus tersebut merupakan ciri yang dimiliki oleh virus sebagai …
Berdasarkan jawabanmu pada soal nomor 1 s.d 3, dapatkah disimpulkan bahwa virus termasuk benda mati ataukah makhluk hidup?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Alasan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Bacalah rangkuman materi terutama tentang struktur tubuh virus. Kemudian lengkapilah gambar-gambar berikut dengan menuliskan nama bagian virus yang diberi nomor pada tempat yang telah disediakan. Disamping itu juga nama bentuk virus yang bersangkutan.
Gambar 1.

Bagian 1 disebut  ……………………………….
Bagian 2 disebut ……………………………….
Bagian 3 disebut ……………………………….
Bentuk virus ……………………………………
Gambar 2.


Bagian 1 disebut  ……………………………….
Bagian 2 disebut ……………………………….
Bagian 3 disebut ……………………………….
Bentuk virus ……………………………………


Buka dan nontonlah https://youtu.be/H3QhCTLOOJo . Setelah kamu melihat tayangan tentang peranan virus bagi manusia seperti penyakit Flu burung, AIDS, Influenza, Polio, Cacar,dan sebagainya. Kerjakanlah tugas berikut berdasarkan hasil pengamatan mu.a
b : ………………………………………………......................
Yang diserang : ……………………………………………….....................
2. Nama penyakit : ………………………………………………......................
Penyebab : ………………………………………………......................
Yang diserang : ……………………………………………….....................
3. Nama penyakit : ………………………………………………......................
Penyebab : ………………………………………………......................
Yang diserang : ……………………………………………….....................
4. Nama penyakit : ………………………………………………......................
Penyebab : ………………………………………………......................
Yang diserang : ……………………………………………….....................
5. Nama penyakit : ………………………………………………......................
Penyebab : ………………………………………………......................
Yang diserang : ……………………………………………….....................


Diskusikan dalam kelompok!
Virus memiliki cara hidup yaitu parasit intraseluler obligat yang artinya virus hanya dapat hidup pada sel hidup. Untuk dapat bertahan hidup, virus melakukan reproduksi atau berkembang biak dengan cara replikasi di dalam sel inang. Dibawah ini merupakan gambar tahapan reproduksi.

Pertanyaan:
Berdasarkan gambar diatas, jelaskan tahapan terjadinya reproduksi virus serta perbedaan antara daur litik dan daur lisogenik!
Jawaban  Hasil Diskusi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOLOGI VIRUS

MODUL BIOLOGI MATERI VIRUS